SALEANA (PYROMANCER) SKILL BUILD LEVEL 90

      Minggu ini, saya usahakan semua Skill Build selesai bahkan sampai Ruina atau Defensio Skill Buil, supaya saya bisa rehat sebentar dari Update Blog. Skill Build yang akan saya bahas kali ini adalah Saleana (Pyromancer) Skill Build Level 90. Saya perhatikan semenjak Cap 90, pengguna Saleana menjadi semakin banyak. Fenomena itu saya perhatikan ketika sedang menonton pertandingan Ladder. Sepertinya banyak Majesty atau Elestra (Cyromancer) yang Change Job menjadi Saleana.
     Pada dasarnya Saleana memang memiliki Potensi DPS yang cukup besar sejak Cap sebelumnya. Saleana memiliki dua skill pasif andalan yang bisa meningkatkan DPS yaitu Hellfire dan Burning Hand. Sayangnya potensi itu jarang dilirik oleh party di Cap 80 lalu. Kebanyakan party lebih memilih Elestra (Cyromancer) untuk Ice Stacking. Kesempatan pun muncul ketika Cap 90 karena Elestra kehilangan kemampuan Ice Stackingnya dan Damage Saleana ditingkatkan (baca: Analisis Elemental Lord Class).
 


Jade/Jewel
Armor: INT + VIT atau INT + CRIT
Weapon + Ring: FIRE + INT
Necklace + Earring: INT + VIT atau INT + CRIT

Heraldry + Talisman
Magician, Intellect (Wise), Health, Life Vitality, Tent, Shinning (Iron Wall), Fatal dan Ultimate/Blessed

Potensi DPS

Keterangan:
- Gear yang digunakan sama dengan Analisis Elemental Lord Class
- Damage/DPS Full Hit dan Buff/Debuff
- Perhitungan di atas tanpa Burning Hand


Skill Build

Build PVE
Skill Build ini yang saya gunakan sekarang. Saya sih sudah merasa nyaman dengan Build ini karena bisa digunakan untuk PVE atau PVP.

Wheeling Staff vs Void Blast vs Poison Missile vs Fire Burst
Sama halnya dengan Elestra (Cyromancer) Skill Build, ini akan menjadiperbandingan yang seru antara empat Skill di Sorceress Skill Tree. Alasan saya memilih Wheeling Staff dan Poison Missile masih sama dengan Elestra Skill Build, karena untuk menaikan keduanya hanya butuh 33 Skill Point. Sedangkan jika kita menaikan Flame Burst butuh 25 SP dan Void Blast butuh 27 SP + Skill Ring. Dengan perbedaan 8 atau 6 SP saja, saya sudah mendapatkan Potensi DPS yang jauh lebih besar.

Beberapa orang memang kurang cocok atau belum terbiasa dengan Wheeling Staff. Jadi bisa saja menggunakan susunan skill seperti ini:
Fire Burst lv 26  + Poison Missile lv 6

Fire Skill 
Semua skill Fire di Elemental Lord Skill Tree saya naikan sampai Peak Level atau Max, kecuali Phoenix Storm. Soalnya Phoenix Storm memiliki potensi DPS yang kecil. Saya hanya menggunakannya untuk Debuff Element Resist dan mereset Fireball INS.

Ice Skill
Diantara semua Skill Ice di Elemental Lord Skill Tree, saya hanya menaikan Frozen Spike (Ice Stab) saja karena memiliki potensi DPS yang paling besar. Icy Shard (Freezing Sword) atau Freezing Field memiliki potensi DPS yang cukup besar, bahkan Icy Shard lebih besar daripada Ignite atau Flame Spark. Namun kedua skill itu memiliki area yang kecil jika tanpa EX.

Fiery Vortex
Blizzard sudah tidak memiliki kemampuan untuk beku lagi, jadi Saleana tidak perlu menaikannya. Lebih baik fokus terhadap Skill di Element Fire saja.

Build PVP

Wheeling Staff + Poison Missile
Skill ini bisa digunakan untuk mendorong musuh. Kalian bisa menggunakan kombo Wheeling Staff + Hit biasa + Poison Missile. Poison Missile juga memiliki damage yang lumayan besar di PVP.

Skill Fire
Hampir mirip dengan PVE Build, saya hampir menaikan semua skill Fire sampai Peak Level atau Max, kecuali Flame Spark dan Phoenix Storm.

Chilling Mist + Shatter
Jujur ya, saya agak kurang nyaman jika Saleana mengambil Chilling Mist di PVP, karena areanya tidak sebesar Chilling Mist EX milik Elestra. Berhubung sudah tidak ada Freeze Skill (Skill beku), biasanya Chilling Mist digunakan ketika musuh terkunci oleh Poison Missile + Frozen Spike. Selain meningkatkan damagenya, kenaikan level Chilling Mist meningkatkan pula durasi Slow. Oleh karena itu, kebanyakan orang akan menggunakan Shatter setelah Chilling Mist berhasil mengenai musuh.

Fiery Vortex
Baik PVE maupun PVP, saya tetap mengandalkan Fiery Fortex sebagai Ultimate Skill utama.

Rolling Lava
Skill ini memiliki damage yang besar, apalagi jika terkena ledakan terakhirnya. Saya biasanya menabrakan Rolling Lava ke tembok atau tiang-tiang agar bisa langsung meledak.

Skill Heraldry
PVE:
- Burning Hand (activation rate)
- Fireball (damage)
- Rolling Lava (damage)
- Flame Road (damage)
Optional: Fire Shield (damage reduction), Inferno, Fiery Vortex, Firewall (damage)

PVP:
- Burning Hand (activation rate)
- Fireball (damage)
- Ignite (damage)
- Fire Shield (damage reduction)
Optional: Rolling Lava, Flame Road, Inferno, Fiery Vortex, Firewall (cooldown)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

35 comments:

  1. akhirnya!haha. sempet bingung di cap 40 mau jadi api/es haha. tapi buildnya beda jadi galau lagi T.T. saya ngambilnya sampe chiling mist dan itu malah yang dimentokin. kalo ignite itu bukannya cuma buat ngeledakin doang ya? saya lebih milih phoenix sih. terus kenapa ga naikin skill elestra yang sama kaya phoenix itu bang? (lupa nama skillnya) bukannya itu buat pve/pvp lumayan guna yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew Chilling mist jelek untuk Saleana..
      Kalau incer DPS mending Frozen Spike (Ice Stab)

      Yap ignite untuk ledakin musuh yg kena Burn..

      Phoenix damagnya kecil + MAx juga gak ngaruh ke Debuffnya

      Ow Glacial Wave dah kurang guna karena gak bsa bekuin lg

      Delete
  2. Ane Masih ragu2 buat naekin Parry untuk gladiator, beriin ane penjelasanya dong,, wajib ato kagaknya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ow itu karena 20 SP ya..
      Parry kepake pas lg Raid atau PVP
      Pas kita tiba2 dikejar/didempet boss

      Kalau PVEnya untuk Nest-nest biasa sama Dungeon Abyss gak dinaekin juga gpp..
      Toh nantinya Gladi bakal sibuk Full hit dibandingin pake Parry

      Delete
  3. masih bingung ama skill hammer strike, kok diambil yaa? apa buat waktu gunakan skill itu durasi diuadara lebih lama dibanding dengan lompat biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oww Hammer Strike hiasan aja itu..
      Sapa tau bosen lompat2 biasa :P
      Abisnya SP melipah buang 1 Skill ke Hammer Strike kan mayan..

      Hammer Strike lebih kepake d PVP sih sebenarnya, buat ketok pala orang.

      Delete
    2. itu kalo gunakan skill hammer strike nambah durasi diudara atau lebih cepat atau sama aja?

      Delete
  4. Potensi dps untuk pve bagusan mana pyro sama smasher

    ReplyDelete
  5. bang kalo element resist boss kira2 berapa persen sih? punya saya matk di kota kira2 48k fire nya kalo ga salah 52%, crit juga ga malu2in ko tapi ko geli2 gimana gitu. emang sih weapon nya baru +9 dan ga maen fd samsek kecuali dari plate lvl 50. segitu gedenya kah element resist boss dungeon 90? terus buat idealnya kira2 buat matk, fire sama crit berapa buat cap 90 ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. Saya kurang tau brapa element Resist untuk Boss Nightmare, ABN atau Manti di DN INA/SEA.. Kemarin ada Bocoran untuk Daedalus Nest di DN SEA punya element Resist sekitar 30-40%.

      Status sgitu sih seharusnya dah mayan sakit, kecuali kamu bener2 Niat Full Gear. Fire Attack d kota juga masih bisa di Boost ke 69% dan MATK incar di 60k aja dulu. Sisanya Critical gak terlalu maksa paling butuh 50%++.. Asalkan gameplaynya rajin spam Phoenix Storm (Fire Bird) dan Inferno EX sebelum mulai kombo

      Delete
    2. terus bang sampe sekarang saya masih make acc level 80an karena saya liat kalo acc level 80 statusnya lebih gede dari yang level 90. menurut abang gimana? kalo pake yang 90 paling ngejar pake jade kan

      Delete
    3. Saya juga masih pake Skill Ring level 80 kok..

      Delete
  6. Saya punya Pyromancer lv.90 HP 770k, itu termasuk kecil gak yah?

    ReplyDelete
  7. Job elemem di Daedalus Nest HC ngenest amat dah.
    Gw pake pyro stat town fire 61% crit 55% magic 92k ko kurang begitu berasa, kaya ada yg kurang gitu ga kaya job netral.

    ReplyDelete
  8. Bro gw punya saleana di Ina matk gw 86k fire 61.40 persen darah 1jt 300 FDnya cuman 800 . Apakah itu termasuk bagus atau kurang bro?? Soalnya masih berasa kecil damagenya dinest masih gak tlalu berasa bro . Ada saran ?? Terus kalo herald 3stsnya bagusan int apa mattk bro?? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih itu sih udh keren dong, msa masih gak berasa?
      Saya gak tau sih apa Nest DN INA itu nerapin Resist ELement yang super gede (50% kaya DN NA). Kalau di SEA sih saya coba di Dae Nest masih kerasa2 aja

      Delete
  9. nih gan, pyro ane fire udah 69%, MAT udah 80+ dikit, crit 53, kok dinest masih agak geli ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih kenapa pada curha geli2 ya..
      Jangan2 DN INA bener nerapin Element Resist 50% di Nest T_T

      Saya gak bsa cek sih, karna gak sempet leveling char di DN INA

      Delete
  10. Menurut agan, skill Saleana mana aja yg perlu di-boost sama developernya?

    Kalo ane: Volcanic Vortex (skill ultimate api), damagenya amit2 (4000 % PVE), full hit juga sulit =_=, seandainya damagenya ditingkatin jadi setara Blizzard atau Eraser misalnya.

    Fire Wall dan Inferno : Di update terbaru, 2 skill ini diturunin CD nya, keputusan bagus dari developernya klo menurut ane, tapi alangkah bagusnya kalo casting timenya dipercepat.

    Phoenix Strike : Ane tau ini fungsi utamanya buat debuff resist element, tapi masa 160 % per burung di lvl max =_=, Saran ane sih 300% per burung di level max

    Flame Worm/Fire Burst (skill api Sorc) sama Glacial Spike : Perkembangan damagenya kecil banget, masa invest 26 skill point cuman naekin damagenya sampe 200%an, saran ane sih coba ini skill dinaekkin damagenya jadi sekitar 700-800 % MATK di level max, lumayan buat filler.

    walah malah jadi curhat ane, sorry haha, tapi makasih klo mau repot2 baca ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwkwkwwkw Saleana sebenernya udah mayan sakit sih skrng..
      Cuman emang bener %Damagenya kecil sih, sekalinya di kurangin CD skillnya. Eh Burning Handnnya dikurangi 50% T_T sedih banget

      Saya sih pengennya Firewall + Inferno dinaekin dikit ^^

      Delete
  11. gan tanya dong, inquisitor sama pyromancer kan sama sama pake INT ya?
    pyromancer ane udah di ++ jadenya, tapi m.att masih lebih kecil dibanding inquisitor yang jadenya ga ane ++
    heraldry ane samain di dua karakter itu.
    itu kenapa ya gan?

    oh iya, masalah element resist di nest udah di ilangin kan ya pas MT beberapa minggu kemaren?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew kok bisa kalah sih? itu pas di kota apa di DG?
      Kalau di DG kan Inquist ada Striking jd bisa ke balap MATKnya..


      Yap semua element resist dihilangkan

      Delete
    2. pas di kota, beda m.att nya 10ribuan, haha..
      bingung ane juga kenapa pyro lebih kecil padahal jade udah di enhance.
      tapi kalo damage pyro jauh lebih gede.

      Delete
    3. Ya Pyro emang damagenya gede, tp kok bsa kalah MATK ya
      OH efek Wand Mastery kali ya,hmm

      Delete
  12. oh iya satu lagi, kalo cursor diarahin ke magic attack kan ada keterangan angkanya, disitu kan ada 3 macem, ada yang + warna putih, ijo sama biru. itu bedanya apa ya gan?
    sori banyak tanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwwkw asli ini pertanyaan susah dan saya blum tau jawabannya.
      Ntar coba saya cek, soalnya itu kalau gk salah MATK dasar, Buff dll cmn blum yakin

      Delete
    2. menurutku itu yg putih itu basic matk, trus yg ijo itu equip, yg biru tambahan buff

      Delete
  13. bang mau tanya sebenarnya apa pengaruh kalau nakin fd sama crit bukannya kedua stat itu stak

    ReplyDelete
  14. sempet liat coment2 di atas resis 50% yah kalau gw sih simpel aja tambahin aja plate crit ressist terhitung sampat 50% crit resistnya hilang << pengalaman masuk nest apa aja pasti bosnya ngejar gw mulu hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 lg klo mau dapetin crit resis naikin agi aje klo bs plate int yg 3rd yg ada agi
      ya kalau mau naikin FD pure ele + fd 3rd plate soalnya ane tidak mau menggabungkan FD dan crit soalnya ada alesannya klo sudah menaikan crit +fd critnya bakalan jarang kluar jd sama aja gebuk momon geli2

      Delete
  15. gan ini untuk dn ina tau dn sea ya?

    ReplyDelete
  16. buat pve solo bagusan mana int+vit atau int+crit

    ReplyDelete